Senin, 30 Maret 2015

Wono pinus Setro atau lebih dikenal dengan Tinesan Batealit Jepara

Jepara memang kaya akan wisata baik Pantai, Pulau, Pegunungan, Air Terjun, Hutan dan lain sebagainya, dan salah satunya yang munkin layak untuk menjadi tujuan destinasi kunjungan teman-teman adalah Hutan Pinus yang berada di Desa Batealit Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Jawa Tengah. (sebelah Timur Kota Kecamatan Batealit).
 Untuk menuju ke lokasi kita bisa membawa sepeda motor, mobil ataupun dengan berjalan kaki, tapi akan lebih aman dengan berjalan kaki karena medan yang begitu sulit, licin, menanjak dan berbatu tajam. tapi sesekali kita akan disuguhi dengan pemandangan persawahan serta bukit yang kelihatan jauh yang mampu memanjakan mata kita karena keindahannya.

Jika kita berjalan kaki kita bisa menitipkan kendaraan kita di rumah warga yang berada di bawah sebelum hutan pinus tapi lumayan jauh dari lokasi. di lokasi hutan pinus juga terdapat track buat atlit sepeda gunung Downhill karena memang cocok sekali buat track turun bukit yang begitu menantang dan memicu adrenalin para pengendara sepeda gunung.tempatnya yang lapang bisa kita jadikan untuk aktifitas berkemah, hunting foto atau sekedar berkumpul bersama teman maupun keluarga, 
Di sebelah selatan dari hutan pinus terdapat jurang yang menghadap ke gunung dan hutan yang pemandangannya cukup menakjubkan dan masih sangat asri yang sangat cocok untuk di abadikan dalam sebuah foto bagi penggemar hunting fotografi alam.



Di sekitar kawasan pinus ini terdapat air terjun bertingkat yang sering disebut air terjun sumenep atau grenjengan Setro. Letaknya di lembah Setro sebelah Utara tines. Selain air terjun Sumenep, di desa Batealit Juga terdapat air terjun Setata dan air terjun Seberuk yang juga cukup menarik untuk dikunjungi.