Senin, 30 Maret 2015

Pesona keindahan air terjun banyu anjlok Sumosari Batealit Jepara

air terjun banyu anjlok
Rasanya tak bosan bagi saya untuk membahas tentang keindahan alam kota Jepara. Jepara adalah kota di ujung utara pulau jawa yang sangat menggoda keindahan alamnya untuk diperbincangkan. Banyak hal yang sangat menarik untuk dibahas di kota kecil ini. Mulai dari potensi wisatanya, budayanya bahkan seni dan kerajinannya sudah banyak dikenal oleh masyarakat sekitar Jepara bahkan manca negara. Namun kali ini saya akan membahas tentang keindahan wisata di Jepara.



air terjun mini

Wisata di Jepara cukup banyak dan sangat menggoda untuk dikunjungi. mulai dari wisata pantai, pulau, wisata budaya, gunung bahkan sampai wisata air terjun. pada kesempatan ini saya akan membahas tentang keindahan sebuah air terjun yang cukup indah di Jepara, yaitu air terjun Banyu Anjlok.



Kata Banyu Anjlok sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya air yang terjun bebas. Air terjun Banyu Anjlok terletak di desa Sumosari Batealit Jepara. tepatnya di daerah sewengen kedawung . Air terjun banyu anjlok ini masih sangat asri, karena jarang yang mengunjungi air terjun ini. Sebab aksesnya ekstrim dan jauh dari perkampungan.



Untuk mencapai air terjun banyu anjlok, dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati persawahan dan menyusuri sungai. Jika menggunakan sepeda motor atau mobil, harus di titipkan di pemukiman penduduk desa Sumosari. Dari lokasi penitipan kendaran, diperlukan waktu 40 menit menuju lokasi air terjun dengan berjalan kaki. Pengunjung tidak akan merasakan capek berjalan kaki, karena disuguhkan dengan pemandangan persawahan dan pegunungan yang masih asri dan tenang.



Masyarkat banyak yang menganggap air terjun Banyu Anjlok termasuk wilayah Mayong. Namun sebenarnya Air terjun Banyu Anjlok secara administrasi terdapat di Desa Sumosari Batealit Jepara. Hal ini perlu di sosialisasikan agar tidak terjadi salah informasi.

Selain air terjun banyu anjlok, wilayah Kecamatan Batealit juga masih terdapat banyak air terjun, diantaranya Air terjun Sumenep, Air terjun macan Mati, air terjun Statah, air terjun ndayog, air terjun Seberuk, air terjun nongko pace, grojogan wergul dan grenjengan bawu bantenan.
memang cukup menarik membahas tentang potensi wisata , suatu saat akan kami bahas satu persatu air terjun tersebut.