Minggu, 29 Maret 2015

Waduk Punden Gemulung Pecangaan Jepara

Waduk Punden Gemulung Jepara adalah bendungan yang semula digunakan untuk mengairi sawah di desa Gemulung dan Sekitarnya. di Waduk ini, suasananya cukup sejuk, karena dikelilingi oleh banyak pohon besar dan rindang. Dulu disini disediakan perahu untuk mengarungi waduk ini, namun sekarang sudah tidak terdapat perahu lagi, entah apa alasannya saya kurang tahu. 




Disebut waduk punden karena tempat ini bersumber dari punden desa Gemulung Pecangaan Jepara.
Selain disebut waduk punden, juga dinamakan sendang Kamulyan, karena dengan adanya bendungan ini, petani disekitar waduk ini bisa merasakan kemulyaan dengan adanya irigasi ke sawah mereka melalui waduk ini.
tangga menuju waduk punden

gazebu sendang kamulyan

Untuk mencapai waduk ini, tidak begitu sulit. cukup memasuki ke desa Gemulung dan tanya pada warga sekitar letak waduk punden, anda akan diberitahu tempatnya. 


pompa air sendang kamulyan


Di waduk punden ini terdapat beberapa bangunan gazebo yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan dan ketenangan waduk punden ini. 




Waduk punden awalnya digunakan untuk mengairi sawah disekitar aliran sungai desa Gemulung, Krasak, Lebuawu. Karena dikelilingi oleh tumbuhan yang besar-besar dan rindang membuat lokasi waduk ini semakin asri,. Bendungan irigasi ini dibangun sekitar tahun 1955 mulanya hanya sebatas muara kecil, hingga pada tahun 1971 dapat alokasi impres sebesar 2,5 juta baru dibuat permanen dengan pintu air. Waduk permanen Gemulung ini masuk dalam harta benda Pemerintah Desa Gemulung yang pengelolaanya ditangani oleh Karang Taruna.