Minggu, 29 Maret 2015

wisata ke air terjun sumenep batealit Jepara

Seperti yang kita ketahui, Jepara merupakan gudangnya air terjun. Banyak air terjun dan grenjengan disini. bahkan ada yang sampai menyebut bahwa Jepara kota air terjun. Air terjun ini tersebar di berbagai kecamatan di Jepara, termasuk kecamatan Batealit. di Kecamatan Batealit ada beberapa air terjun. Salah satunya adalah air terjun Sumenep. Air terjun ini terletak di lembah wono pinus setro atau tines. Dari tines dilanjutkan jalan kaki ke arah atas kira-kira 15 menitan. Selama perjalanan kita akan di suguhi pemandangan ala pegunungan seperti panorama perbukitan beserta tebing dan persawahan di kanan kiri yang akan memanjakan mata serta bisa kita jadikan target hunting fotografi panorama alam.

Sebelum tanjakan yang tinggi ada pertigaan, ambil arah belok kiri, ikuti jalan yang menurun menuju lembah sambil melihat posisi air terjun. Dari kejauhan sudah terlihat 3 air terjun tersusun secara berundak.

Jika sudah melewati sungai kecil, ambil arah kiri dan ikuti jalan setapak hingga turun ke dasar lembah dan melewati persawahan dan menyeberangi sungai. Setelah menyeberangi sungai melewati padang rumput dan sampailah di air terjun Sumenep yang pertama.

air terjun sumenep tingkat 1

Air terjun sumenep juga sering disebut dengan air terjun Setro, karena letaknya di bukit Pinus Setro. Selain itu juga ada yang menyebut air terjun macan mati, karena dulu pernah ada macan mati disana. Di air terjun sumenep yang pertama anda bisa menikmati air terjun atau hanya sekedar mengabadikan foto anda disana. karena tempat ini masih asri, jangan corat coret dan membuang sampah disini.

Setelah puas menikmati keindahan air terjun Sumenep yang pertama, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Air terjun yang kedua. Jalan menuju ke air terjun yang kedua ini tak kalah ekstrim dengan yang pertama. bahkan kami sempat kebingungan mencari jalan menuju ke arah air terjun yang kedua.

view dari atas air terjun sumenep tingkat 1

air terjun sumenep tingkat 2
Akhirnya tibalah kami di air terjun yang kedua, air terjun ini lebih indah jika dibandingkan dengan yang pertama. kami sempatkan untuk menikmati air terjun dan mandi disini. Air terjun ini lebih tinggi dari yang pertama dan air yang lebih deras membuat sebagian dari tim kami untuk menikmati sejuknya guyuran air terjun dan sejenak melepas lelah . Tak cukup menikmati keindahan kedua air terjun ini, kami melanjutkan perjalankan menuju air terjun yang ketiga.

Akses menuju air terjun yang ketiga ini lebih sulit dari dua air terjun lainnya. karena harus berjalan menyusuri tebing yang jalannya tidak rata serta dan dengan kemiringan antara 45 derajat bahkan ada yang hampir 90 derajat. perlu ekstra hati-hati untuk melewati jalan tersebut. Selain jalannya yang lumayan sulit, disini juga banyak pacetnya, jadi kita harus menjaga tubuh kita agar tidak terkena hewan tersebut.

air terjun sumenep tingkat 3
Lelah dan capek kami terbayar Lunas sesampainya kami tiba di Air terjun yang ketiga ini, dengan dinding air terjun yang lebih tinggi dari air terjun yang pertama dan kedua. dan di air terjun yang ketiga ini lebih sejuk karena dikelilingi oleh bukit yang tinggi. Rasa Syukur serta kekaguman kami akan alam ciptaan Tuhan YME akan kami terapkan dengan menjaga keasrian serta melindunginya sehingga dapat dinikmati oleh generasi berikutnya.