Senin, 06 April 2015

Air Terjun Jurang Nganten Tanjung Pakis Aji Jepara

Air terjun jurang nganten

Post kali ini kami masih akan berbicara tentang keindahan air terjun yang menurut kami begitu menakjubkan, yaitu Air Terjun Jurang Nganten yang berlokasi di desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara, dalam bahasa jawa Jurang Berarti Tebing Terjal, sedangkan Nganten berarti Pengantin, dan bisa kita artikan sebagai Tebing Pengantin, menurut cerita pada zaman dahulu ada sepasang pengantin yang tidak direstui oleh keluarga dari mempelai wanita, tapi mereka tetap melaksanakan pernikahan, kemudian mereka mengendarai kereta yang ditarik oleh kerbau, bukan ditarik oleh kuda, mereka menyusuri sungai hingga akhirnya mereka terjerumus ke dalam jurang, yang kemudian jurang tersebut dinamakan Jurang Nganten.
perjalanan menuju lokasi air terjun 

Foto bersama tim Jelajah wisata


untuk menuju ke lokasi kita bisa berjalan kaki maupun sepeda motor, tapi kalo sepeda motor harus extra berhati-hati karena jalan nya masih jalan tanah dan berbatu, jika pada musim kemarau jalannya berdebu tebal dan jika musim penghujan becek, berlumpur serta licin, nanti sepeda motornya biasa di parkir diatas air terjun karena sudah dikelola oleh karang taruna desa setempat, setelah itu berjalan kaki menyusuri jalan setapak serta sungai yang berada diatas air terjun. sesampainya kita diatas air terjun kita menyebrang sungai menuju jalan setapak yang akan mengarah jalan turun ke bawah air terjun, untuk turun kita harus berhati-hati karena kita diharuskan berjalan menyusuri dinding tebing sebelah kanan air terjun.
jalan menuju bawah air terjun
sesampainya kita dibawah kita akan disambut hembusan angin yang tercipta karena derasnya air terjun, kita akan terpesona akan keindahan air terjun jurang nganten yang memang masih sangat asri, alami serta berudara sejuk karena dikelilingi tebing serta pepohonan yang begitu lebat.
pemandangan air terjun dari kejauhan
di lokasi air terjun terdapat batu-batu besar, dulunya dibawah air terjun terdapat PLTA(Pembangkit Listrik Tenaga Air) tapi sekarang sudah tidak ada dan nyaris tak berbekas, beberapa pipa besi sudah lenyap di ambil oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.

narsis abis


9 komentar:

  1. lokasinya salah tuh,jurang nganten adanya di dukuh blingoh senggrong/pungkruk donorojo jepara

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas commentnya, bener bagt kata mas amiruddin. di pakis aji juga ada jurang manten. semoga di lain kesempatan, tim jelajah bisa mampir juga ke jurang nganten yang di senggrong..

      Hapus
  2. selain di blingoh senggrong, di desa tanjung pakis aji jepara juga ada jurang manten mas ferdy.

    BalasHapus
  3. that's wonderfull.. i love indonesia..

    BalasHapus
  4. very beautiful... visit here to... http://www.nurfa-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  5. thanks bro muhamad nur arrohman, sukses selalu buat anda..

    BalasHapus
  6. perjalan menuju air terjun itu brp lama ya jalan kakinya ,jalannya masih sulit ga?
    sukses terus ya broo

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus
  7. jalannya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, atau mengendarai sepeda motor.. namun alangkah baiknya berjalan kaki, karena jika turun hujan, rute menuju air terjun jurang nganten ini cukup sulit untuk dilalui dengan sepeda motor karena licin.

    BalasHapus