Rabu, 01 April 2015

Kisah perjalanan kami ke Air terjun Suroloyo Bungu Mayong Jepara

Mungkin sudah banyak yang mendengar tentang air terjun Suroloyo. Karena air terjun ini merupakan air terjun yang cukup menarik untuk di kunjungi. Air terjun ini terletak di desa Bungu, Mayong Jepara. suatu desa yang berbatasan dengan wilayah Batealit bagian Timur laut yang merupakan wilayah dataran tinggi dan pegunungan.
air terjun suroloyo bungu Mayong
Perjalanan kami ke air terjun Suroloyo ini tidak kami rencanakan, bermula iseng-iseng mencari informasi di google bahwa di daerah Bungu terdapat sebuah air terjun yang bernama air terjun Suroloyo. melihat namanya yang terdengar asing di telinga, akhirnya kami putuskan untuk mengunjungi air terjun tersebut.

Kami sempat kebingungan mencari lokasi air terjun Suroloyo ini, karena kami belum pernah mengetahui dan kami kesana hanya berdua. tanpa berfikir panjang, akhirnya perjalanan yang diawali dengan keraguan ini kami tetap lanjutkan. Alhamdulillah, dengan bantuan GPS kami bisa sampai ke lokasi tujuan. Namun, karena sinyal internet yang kurang terkoneksi dengan baik, GPS yang rencananya menggunakan sinyal internet, kami ganti dengan GPS yang versi manual, alias Gunakan Penduduk Sekitar. Alhasil, GPS yang kami gunakan sangat bermanfaat bagi kami sehingga kami sampai di tujuan.

Untuk menuju ke air terjun, dari arah perempatan Mayong, lurus terus kearah utara sampai ada pertigaan ke arah desa Bungu. Jika dari arah Pecangaan atau Batealit, di pertigaan tugu utara Balai desa Rguklampitan belok ke arah Pancur atau Mayong, Setelah melewati Jembatan belok kekanan. Ikuti jalan hingga tiba di pertigaan Pancur. kemudian belok kiri dilanjutkan lurus terus sampai ada pertigaan ke arah desa Bungu. ikuti jalan tersebut hingga memasuki desa Bungu. Saran saya, jika sudah memasuki desa Bungu, apabila anda belum pernah kesini sebelumnya. Saran saya gunakanlah GPS anda dengan baik alias Gunakan Penduduk Setempat karena air terjun ini cukup tersembunyi dan jauh dari jangkauan penduduk.

Jembatan Kayu sebelum ke air terjun suroloyo

bukit mini sebelum mencapai air terjun suroloyo
Anda bisa menitipkan kendaraan anda sampai ke lokasi atau langsung membawa kendaran anda sampai ke tujuan. namun, kendarannya tidak bisa dibawa ke air terjun. Karena setelah melewati Jembatan Kayu, ada harus berjalan kurang lebih 300 meter menyusuri sungai. Saran saya, apabila anda menggunakan sepeda motor, demi keamanan alangkah baiknya ada yang menjaga kendaraan tersebut. Tepat sebelum tiba di air terjun, anda akan menemukan gundukan tanah, dan harus mendakinya agar bisa sampai ke lokasi air terjun.

tebing di sekeliling air terjun surolyo
Suasana di air terjun ini masih asri dan sangat sejuk, karena dari berbagai sisi dikelilingi tebing yang tinggi dan masih banyak pepohonan yang tumbuh di atas bukit.